Sedekahi Bumi dari Hal Kecil Menuju Manfaat Luhur

Kicauan burung dan dengungan serangga hutan begitu riuh pagi itu di blok Batu Ampar, Desa Suntenjaya, Lembang, Kabupaten Bandung Barat. Di tengah-tengah hamparan lahan yang terjal, kurang dari 10 orang hilir-mudik mengambil bibit pohon, mengeruk lubang tanam yang tersedia, dan membenamkan bibit pohon yang ada di tangannya. Geraknya cepat, sunyi, dan penuh dedikasi. Setiap tangannya menyapu tanah, sebuah harapan turut mengalun khidmat, “Jadilah pohon yang bermanfaat bagi bumi dan manusia.”

Kurang dari satu jam, sekitar 100 bibit berhasil ditanam dalam kegiatan Sedekah Bumi edisi Januari 2022. Kali ini, aktivitas Walungan bersama Karang Taruna Pasir Angling ini dilakukan tanpa hingar-bingar dan kerumunan pada Rabu, 26 Januari 2022. “Walaupun kecil, tapi mudah-mudahan besar di hadapan Allah dan kita dimasukkan ke dalam golongan orang-orang yang menjaga lingkungan,” tutur Wawan Djuwarsa, pembina Walungan, ketika mengawali rangkaian aktivitas.

Walungan sendiri menargetkan Sedekah Bumi sebagai aktivitas rutin di Suntenjaya pada tahun 2022. Sebelumnya, program ini sempat terhenti selama dua tahun terakhir kala gelombang pandemi menerjang Nusantara. Hari ini, ketika situasi mulai membaik, Walungan berharap aktivitas penanaman pohon tegakkan ini bisa dilakukan secara berkala dengan tata pengelolaan yang lebih matang dan baik lagi.

Karang Taruna Pasir Angling merupakan mitra strategis Walungan dalam program ini. Para pemuda desa tersebut banyak membantu program dari hulu hingga hilir: mulai dari pembibitan pohon tegakkan, penyiapan lubang tanam, penyediaan pupuk, hingga perawatan tanaman di area tanam. Sebuah rangkaian aktivitas dengan durasi kerja yang panjang tentunya.

Wawan sendiri berharap aktivitas bersama Karang Taruna ini menjadi Amal Soleh bagi pelakunya. Beliau mendefinisikannya sebagai perbuatan yang diniatkan karena Allah swt. Implementasinya sendiri sangat sederhana, yaitu mulai dari hal-hal kecil yang kita miliki. Capaiannya pun cukup luhur, mudah-mudahan menghadirkan manfaat bagi lingkungan dan masyarakat Pasir Angling.***

Post a comment

%d bloggers like this: