Riset dan Tata Kelola Iklim

Bagian dari kegiatan Tim Riset Iklim PIPK

1. Tiba di lokasi, Desa Cibodas, terusan jalan Maribaya Lembang. 1 dari 4 lokasi pengambilan data cuaca. Yang ke-2 di Sungai dekat rumah mas Naim Ujung Berung. Yang ke-3 Desa Maribaya, sungai Cikawari/Cikapundung/Cigulung dan ke-4 Desa Pasir Angling, dekat Bukit Tunggul.

11

2.Bongkar muat peralatan untuk pengambilan data cuaca dan logistic.

12

3. Tim Support Studi iklim yang dipimpin mas Toris, masing-masing kebagian jadi porter, lumayan bawa barang berat turun gunung.

13

4. Tiba di pitstop 1. Saung Pa Dadang -Warga petani Cibodas yang sangat baik dan berjasa membantu dan mengijinkan instalasi alat di area tanah garapannya di sekitar hulu sungai Cikapundung.

14

5. Mulai turun gunung, terlihat aliran sungai Cikapundung yang berjarak +-300m dan pemandangan lokasi sekitar tempat alat-alat yang akan diinstalasi di bawah sana

15

6. Tiba di pinggir sungai, terlihat ada kincir air milik pa Dadang yang bermanfaat memompa air sungai ke bak penampungan air, di kebun pa Dadang pada ketinggian +/- 200m dari sungai, untuk menyirami tanaman holtikulturanya (tomat, bloomkool, cengek cabe, kaboca, dll.) seluas +/- 1Ha.

16

7. Program #1, mengganti roda besi pemutar kincir air dengan yang diameternya lebih besar, dengan harapan bisa lebih banyak mengalirkan airnya, sehingga menyirami lebih dari 1Ha

17

8.Program #1, mengganti roda besi pemutar kincir air selesai

18

9. Bak penampungan air di yang berjarak +- (di ketinggian) 200m dari sungai, yang dialirkan oleh kincir air

19

10.Air di lereng bukit, hasil ‘kincir air’ di sungai di bawahnya, yang bisa dipakai menyiram tanaman atau menggemburkan tanah agar mudah diolah/ditanami.

20

11.Program #2, Menggali dan membuat fondasi, untuk mendirikan tiang/pole.

21

12. Mendirikan tiang/ pole dudukan untuk menginstall peralatan pengamatan cuaca (di udara & sungai)

22

13.Program #2 Selesai; tema yang kita bawa pada saat meminta ijin warga u/ pasang alat adalah penelitian cuaca dari ITB.

23

14.IShama..Istirahat, Shalat & makan dulu..

24

15. Program #3 Instalasi peralatan pengamat cuaca (udara & sungai) dimulai; Setting LCD u/ Data capture nya

25

16. Program #3 Instalasi peralatan pengamat cuaca (udara & sungai) selesai;

26

17. Program #3.a Instalasi Alat/ sensor untuk mengukur level ketinggian air sungai

27

18. Program #3.b Instalasi ‘Ambience Weather Equipment’ alat pengukur cuaca di udara
Arah angin, Suhu dan kelembaban, Temperature (indoor & outdoor) dan merekam nilai minimal dan maksimal Tekanan udara, Curah hujan, Weather forecast (berawan, hujan, cerah, dll) Kecepatan angin, dll.

28

19. Program #3.c Instalasi box/ rumah tempat batere & LCD Display untuk capture data dari ‘Ambience Weather Equipment’ di atas – PROGRAM HARI INI SELESAI 16.30 WIB

29

20.Next Plan Jumat 27 Sep13: Program #4. Akan memasang alat untuk mengukur suhu air sungai – galian untuk kabel sudah disiapkan.

%d bloggers like this: