Kegiatan Pertemuan Guru

Kegiatan Pertemuan Guru TPA Nur Hikmah DKM Al-Musyawarah
– Kampung Pasir Angling, 14 Oktober 2018

Pertemuan ini dilakukan untuk kembali memberikan pemahaman pada guru-guru akan pentingnya beberapa macam metode, pengunaan media serta pengorganisasian kelas dalam kegiatan belajar mengajar. Yang bertujuan:
a. Pengenalan metode dalam kegiatan belajar mengajar
b. Pengenalan penggunaan media pembelajaran
c. Pengenalan pengorganisasian kelas

Pada pertemuan yang berlangsung dari jam 08 ini membahas beberapa materi yang bisa dijadikan bahan atau cara dalam melaksanakan kegiatan belajar mengajar di kelas.

Jenis- jenis Metode.
Beberapa jenis metoda yang akan dan biasa dilakukan pada kegiatan belajar mengajar di Taman Pendidikan Al-Quran adalah :
– Metode Ceramah (bercerita/dongeng, dll)
– Metode Pemberian Tugas (menggambar, menulis, hafalan, dll)
– Metode Diskusi
– Metode Latihan (bernyanyi, menari, olah raga, dll)

Pengenalan Penggunaan Media Pembelajaran, guru harus faham dalam penggunaan media pembelajaran yang ada di kelas sebagai alat untuk mempermudah dalam penyampaian metode yang digunakan, seperti :

– Gambar cerita/Poster berseri
Guru akan bercerita tentang sesuatu sambil menggambar sesuai isi cerita atau bercerita dengan menggunakan gambar/poster yang berseri.

– Buku Cerita
Guru akan bercerita atau mendongeng pada anak-anak dengan membacakan sebuah buku dengan intonasi yang menarik.

– Boneka
Guru dalam menyampaikan materinya seperti bercerita, Tanya jawab dengan anak-anak dengan menggunakan boneka yang baik dan benar.

Pengorganisasian Kelas.
Setelah kegiatan berlangsung selama 8 bulan guru dalam kegiatan di kelas selalu menggunakan cara lama, sehingga waktu yang kegatan banyak terbuang dan anak-anak kegiatanya tidak terkontrol.

Pada pertemuan ini guru diberikan pemahaman bagaimana supaya anak-anak bisa terkontrol dan materi pelajaran bisa tercapai yaitu dengan membagi anak-anak menjadi 3 kelompok kegiatan yaitu :

– Kegiatan Inti
Kegiatan inti adalah kegiatan yang memerlukan pengawasan penuh guru karena meteri yang diberikan benar-benar penting, seperti membaca Al-Quran, hafalan, bekerja dengan menggunakan alat-alat tajam, dll

– Kegiatan Pengaman 1
– Kegiatan Pengaman 2
Kegiatan pengaman adalah kegiatan yang tidak memerlukan pengawasan penuh guru, seperti : menggambar, mewarnai, menulis dll

Rencana Tindak Lanjut
– Setelah pertemuan ini guru-guru akan mencoba menerapkan pembagian 3 kegiatan pada saat kegiatan belajar-mengajar
– Mencari dan mencatat beberapa lagu anak-anak
– Mencari dan mencatat macam-macam tepuk tangan

:::
Sebagai kegiatan penutup guru memperaktekan beberapa kegiatan seperti macam-macam tepuk tangan yang dikuasai.

Post a comment