Get to know all about us

Pegiat Walungan

Deden Himawan

Perumus dan pendiri Yayasan Walungan. Ia juga berprofesi sebagai praktisi IT dan pemerhati sosial budaya .

Riki Frediansyah

Bidang yang di tangani adalah integrated farming. Mengintegrasikan pertanian dan peternakan, agar in line dengan program yang ada di walungan.

Zamzam A. J. T.

Periset geosains, saat ini menjabat dosen di Program Studi Geodesi dan Geomatika, ITB, Bandung.

Wawan Djuwarsa

Fokus dalam pemetaan wilayah dan pemberdayaan masyarakat

Suharno Misca

Menggawangi bidang ketahanan, sosial & kemasyarakatan

Muhammad Sigit Pramudya

Sebagai penasihat  dan menjadi perumus teknologi smart villages, IoT dan teknologi bigdata di walungan

Diana Yuaniarti P

Lulusan Pasca Sarjana Teknik Lingkungan ITB ini menjadi Sekjen Walungan dan menggawangi bidang Tata Wilayah dan Rekayasa Lingkungan

Syarif Sarifudin

Lulusan Pertanian UNPAD ini menggawangi bidang pertanian, terutama fokus kepada pertanian organik dan pertanian dengan konsep integrasi-tani-ternak dan permaculture

Benny Fatahillah

Mengawal seluk-beluk asset dan keuangan walungan. Juga bersama Kang Riki bergerak dalam peternakan, khususnya domba. Peternakan yang terintegrasi dengan pertanian.

Unggul Saputra

Bersama Kang Syarif menggawangi bidang pertanian organik, integrasi tani-ternak dan permaculture.

Walungan.org adalah nama situs yang didirikan untuk mewadahi sekaligus menyebarkan berbagai hasil kegiatan yang dikerjakan oleh sebuah organisasi nirlaba, Yayasan Walungan Bhakti Nagari. Kegiatan Yayasan Bhakti Nagari adalah pemberdayaan masyarakat dengan fokus isu-isu lingkungan, khususnya di wilayah-wilayah pedesaan.

Peta Mata Air di Kawasan Bandung Utara

Di dalam Walungan.org, berkumpul banyak anak negeri dengan berbagai ragam profesi yang memiliki kesamaan pandangan dalam hal konsep penataan wilayah. Kami bekerja bersama-sama dengan berlandaskan pada kesamaan cara pandang terhadap manusia sebagai pemakmur bumi.

Istilah walungan, kami ambil dari bahasa Sunda, yang berarti adalah sungai. Konsep sungai, yaitu aliran air yang besar dan memanjang kemudian mengalir secara terus menerus dari sumber (hulu) menuju muara (hilir) bersesuaian dengan isu penting dalam penataan kawasan/wilayah, yakni cara mengatur DAS (Daerah Aliran Sungai) dan konversasi mata air di sebuah kawasan. Oleh karena pentingnya mata air atau sirah cai tersebut, tidak dapat ditunda lagi untuk melindunginya agar dapat tetap bermanfaat bagi seluruh aktivitas manusia dan lingkungan secara umum.

Walungan.org hadir dalam rangka turut mendampingi masyarakat di wilayah tertentu agar dapat menjaga seluruh elemen pendukung mata air tersebut serta mengoptimalkan kemampuan anak negeri yang memiliki pengetahuan di bidangnya agar dapat membantu memakmurkan negeri.

walungan
%d bloggers like this: