Skip to main content
SURVIVAL FOR KIDS TRAINING

Survival for Kids Training

Kegiatan dilaksanakan pada tanggal 13 – 15 Juli 2017 di Bumi Perkemahan Kampung Pasir Angling dengan methode Full Outdoor dan dikemas kegiatan yang aman dan menyenangkan.

Peserta yang ikut berjumlah 15 oarng dengan rentang usia peserta dari usia 7 tahun sampai dengan usia 16 tahun.

survival-mendengarkan fasilitator dalam memilih tanaman yang bisa di makan

Kegiatan ini juga melibatkan masyarakat Kampung Pasir Angling untuk turut mejadi bagian dari panitia yang terdiri dari Pengelola Wisata Kampung Pasir Angling dan Ibu-ibu PKK Kp.Pasir Angling.

Ibu-ibu PKK berperan dalam penyediaan untuk makan dan snack setiap harinya sedangkan pengelola wisata membantu dilokasi dalam penyiapan sebelum kegiatan, saat kegiatan dan setelah kegiatan.

Materi yang diberikan pada peserta adalah :

  1. Mengenal Botani Praktis, peserta diberikan pemahaman bagaimana memilih tumbuhan yang  berada di alam sebagai bahan makanan.
  2. Membuat perapian, peserta diberikan teknik kusus bagaimana membuat perapian  yang benar dengan menggunakan lilin, parapin dan kayu-kayu yang ada di lokasi.
  3. Membuat perlindungan sementara ( Bivoack ), peserta diberikan cara-cara membuat perlindungan sementara dari bahan ponco, flysheet dengan baik dan benar.
  4. Mengenal berternak dan bertani yang ramah lingkungan, peserta diberikan pemahaman bagaiman limbah kotoran sapi dan kambing bisa menjadi pupuk alami yang mempunyai manfaat yang sangat besar untuk pertanian dan mempunyai nilai jual yang cukup tinggi.
  5. Penaman tanaman Kopi dilahan pertanian yang mempunyai kemiringan sekitar 45 derajat sebagai tindakan untuk mengurangi erosi pada lahan pertanian tersebut.

Dengan waktu yang cukup singkat dan peserta yang betul-betul pertama kali berkegiatan di alam membuat kegiatan dilapangan menjadi kegiatan yang sangat menyenangkan bagi peserta.

survival-lokasi tempat kegiatan survival for kid training

 

survival-peserta sedang membuat perlindungan sementara